Selasa, 24 Januari 2023

STRATEGI PENERAPAN CLASS SAHRING COMMUNITY DALAM PEMBELAJARAN

 


Pengembangan literasi siswa melalui buletin digital seventeen terus diupayakan dengan manautkan kegiatan pembelajaran dalam majalah sekolah edisi bulan Januari 2023. Bahan bacaan ini merupakan hasil kegiatan pembelajaran yang original sehingga mengasah kemampuan siswa dalam menelaah atau menganalisisnya untuk bahan ajar. Oleh karena itu, belum semua jawaban permasalahan dari kegiatan kelompok memliki kebenaran sepenuhnya. 

Pendampingan terus dilakukan melalui bimbingan dalam kegiatan kelompok. Kolaborasi sangat dominan dalam pembelajaran. Selain tutor sebaya dalam pembelajaran mandiri tanpa bimbingan, tanya jawab, diskusi, presentase maupun tampilan produk menjadi variasi kegiatannya. Voive siswa menjadi dominan untuk menumbuhkan ownership kelas. Tentu ada kesepakatan diawal pembelajaran untuk mengatur ketercapaian tujuan yang diharapkan.  Mengarahkan alur berpikir dan prosedur pembelajaran disiapkan beberapa konten pilihan selain buku wajib siswa. Pemanfaatan media audio visual, aplikasi yang sesuai, lembar kerja atau bahan ajar sederhana, bacaan blog guru maupun website pilhan menjadi konten untuk berdiferensiasi. 

Pemanfaatan aset kelas menjadi tumpuan kegiatan ini. Hanphone, in focus, laptop dan jaringan internet menjadi kegiatan digital yang mendukung pemanfaatan buletin seventeen. Ada banyak kreasi yang muncul sebagai produk pembelajaran. Bukan hanya video dan poster pembelajaran namun karya tulisan siswa dapat menjadi bahan bacaan yang menarik. 

Kesejangan makin hilang ketika kolaborasi pemanfaatan sarana digital dilakukan. Berbagi dan saling merasakan menjadi penting untuk memberikan kesempatan yang sama. Kolaborasi menjadi penyatu untuk menyelesaikan setiap tujuan pembelajaran. Berbagai bahan bahan bacaan ini akan tersimpan bersama kenangan foto saat belajar berlangsung. 

Latihan soal dan kesimpulan menjadi penutup setiap slide tampilan untuk sebuah materi. Tugas ringan diberikan seperti menonton video, pengamatan atau observasi sederhana dan bahan bacaan yang sesuai. Kegiatan ini tanpa Pekerjaan Rumah. Artinya, hal ini tergantikan dengan bahan bacaan yang beragam untuk memperdalam materi yang telah dipelajari. Kegiatan ini tentu bersifat mandiri dan berkesinambungan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...