Senin, 15 September 2014

Pembelajaran IPA melalui Galeri Kelompok Klasikal

Pembelajaran dengan Galeri Kelompok Klasikal




Metode sitasi (tugas) adalah metode pemberian tugas untuk mempelajari materi tertentu misalnya membaca atau mengerjakan soal yang dapat dibedakan menjadi presitasi (tugas sebelum materi diajarkan) dan resitasi (tugas setelah materi diajarkan). Metode diskusi adalah pembelajaran dengan memberikan materi atau masalah tertentu pada peserta didik untuk diharapkan dapat memecahkan masalah secara kelompok. Metode problem solving merupakan pembelajara yang berorientasi pada investigasi dan penemuan dalam pemecahan masalah (Nini S dkk, 2012 : 103-105). Metode kerja sama ialah upaya saling membantu antara dua orang atau lebih, antara individu dengan kelompok dan antara kelompok dengan kelompok lainnya dalam melaksanakan tugas atau menyelesaikan problem yang dihadapi (Abdul Majid, 2008 : 157).
Galeri menurut Bahasa Indonesia dapat diartikan tempat memamerkan benda, karya seni (Eddy, 2000 : 273). Berdasarkan hal-hal tersebut sebelumnya, maka metode pembelajaran gagaincom group dapat diartikan seperangkat aktifitas siswa yang dilakukan melalui beberapa cara proses pembelajaran yang menggunakan tempat pajangan materi pembelajaran dan melakukan kegiatan permainan berkelompok yang bersifat pertandingan kelompok dengan sistim pemeriksaan hasil kegiatan secara bersilangan. 
Pembelajaran ini merupakan model pembelajaran kooperatif yakni suatu model pembelajaran dimana siswa berada dalam kelompok kecil dengan anggota sebanyak 4-5 orang. Dalam pembelajaran kooperatif ini terjadi interaksi antara anggota kelompok semua anggota harus terlibat karena keberhasilan kelompok ditunjang oleh aktifitas anggotanya sehingga anggota kelompok saling membantu (Yani R, 2005 : 107).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...