Kamis, 15 Oktober 2020

BULETIN SEVENTEEN : Renungan : Mengajar, Seni Menanam

 

MENGAJAR ADALAH SENI MENANAM

(Seuntai Nasihat dari Kakek di 21 Ramadhan)

 

“Mengajar adalah seni.” Pengajar akan menuai padi dengan kreasinya. Bulir yang dipetik sesuai benih yang ditanam. Seberapa besar usahanya ditentukan keihklasan dan kesungguhannya.

“Guru itu bagai petani. Menanam dengan kerja dan kreasinya. Jika pandai mengolah media tanam, memupuk dan memberantas hamanya maka bulirnya akan besar, berisi serta banyak. Nak, ingatlah! Niatkan segala langkah dan upaya sebagai amal. Jika lelahmu tidak terbayar dipenghargaan dunia. Allah akan memberikan upah dan kesenangan yang lebih baik dari hadiah duniawi.” Kata Kakekku.

Moji yang berprofesi sebagai pengrajin dinding jelaja. Sebesit senyum menghias diwajah untuk menutupi lelahnya waktu itu. Nasihat yang selalu kuingat. Diucapkannya sambil membelah bambu untuk membuat jelaja. Sungguh pesan yang teramat berat untuk dijinjing dan dipikul.




Rabu, 14 Oktober 2020

LKS Prakarya : Aspek Pengolahan - Manfaat Ikan, Daging, Susu, Rumput Laut, Telur, Udang dan Cumi-cumi

 

Lembar Kerja Siswa

Nama : ………………………………………….Kelas : ……………Hari/Tanggal : …………………

Tujuan : Mengidentifikasi manfaat dari jenis bahan olahan siap saji

Sumber Bahan Literasi :          (Buku Siswa) Nuswantari DSH dan kawan-kawan, 2018, Prakarya SMP/MTs Kelas IX Semester 1, CV. Arya Duta – Depok. (Halaman 136-142)

Literasi Sains                            

Selesaikanlah isian berikut dengan tepat. Tulislah LKS pada buku catatanmu. Isilah kolom jawaban pada lembar jawaban LKS di sisi bawah pada lembar jawabanmu.

 

1.      Fungsi protein yang terdapat pada ikan dan daging untuk zat pembangun, sumber energy, sintesis hormone dan antibody, mengatur keseimbangan asam basa dan perbaikan sel yang rusak (B – S)

2.      Ikan banyak mengandung omega 3 dan asam amino untuk otak dan fungsi syaraf (B – S)

3.      Kandungan Vitamin A dan zat besi pada ikan tidak mudah dicerna oleh tubuh (B – S)

4.      Ikan dapat mencegah kebutaan dan kerusakan tulang karena mengandung vitamin A dan D (B – S)

5.      Karena hidup di laut, ikan jika dikonsumsi teratur akan dapat mecegah penyakit gondok dan kerusakan gigi manusia jika dikonsumsi (B – S)

6.      Kandungan Vitamin yang terbanyak  pada olahan makanan berbahan udang adalah B6, A dan B3 (B – S)

7.      Mineral tubuh dapat dipasok dari makanan berbahan udang karena zink dan omega 3 sangat banyak (B – S)

8.      Tinta cumi-cumi merupakan cairan sejenis darah yang tidak bermanfaat bagi tubuh, jadi seharusnya tidak dikonsumsi (B – S)

9.      Seseorang yang mengalami kekurangan darah akibat menstruasi atau begadang disarankan makan olahan Cumi-cumi bermanfaat untuk proses pembentukan sel darah merah (B – S)

10.  Omega 3 pada cumi-cumi merupakan lemak tak jenuh sehingga sajian makanan ini bisa bermanfaat menurunkan kadar kolesterol (B – S)

11.  Mencegah dan menanggulangi osteoporosis dapat memanfaatkan makanan olahan rumput laut karena mengdung 5 kali lebih banyak kandungan kalsiumnya (B – S)

12.  Olahan makanan rumput laut tidak dianjurkan bagi wanita yang melakukan program diet (B – S)

13.  Susu mengandung potassium sehingga dapat menyebabkan penyumbatan jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak (B – S)

14.  Mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung susu dapat membuat seseorang selalu bergembira dan tidur yang nyeyak (B – S)

15.  Orang yang keracunan, sangat dianjurkan untuk minum susu (B – S)

16.  Sering-seringlah mengkonsumsi bahan makanan dari daging karena dapat meningkatkan daya imunitas tubuh (B – S)

17.  Roboflafin terdapat pada putih telur yang sangat penting dalam menormalkan fungsi sel namun kuningnya tidak cocok dikonsumsi bagi penderita hipertensi (B – S)

18.  Kandungan nutrisi dan protein pada ayam broiler lebih banyak dari ayam kampung karena ukuran tubuhnya lebih besar dan berat (B – S)

19.  Mengkonsumsi telur ayam broiler 4 biji jauh lebih bermanfaat dengan memakan sebutir telur itik (B – S)

20.  Telur puyuh banyak mengadung LDL dan sedikit HDL (B – S)

 

LEMBAR JAWABAN ISIAN LKS

Petunjuk : Tulis Kembali tabel jawaban ini pada buku catatanmu lalu isilah jawablah dengan tepat 

Nomor

Jawaban

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

8

 

9

 

10

 

11

 

12

 

13

 

14

 

15

 

16

 

17

 

18

 

19

 

20

 




Minggu, 11 Oktober 2020

BULETIN SEVENTEEN : LITERASI - Belajar Dimulai dari Ketidaktahuan

 

Bayi lahir hanya membawa amanah hidupnya. Semua terlupa saat keluar dari Rahim seorang ibu. Selamat datang di dunia baru. Manusia hanya membawa insting untuk memulai hidup. Belajar dari mengisap jempol dalam kandungan membawanya menyusu pada ibunya. Hanya menangis dan tertawa untuk mengambarkan keadaannya. Setelah melihat dengan jelas, mulailah mengenal sesuatu terdekatnya. Semua itu dipelajari dan diingat. 

Begitulah cara manusia untuk bisa hidup. Belajar adalah kata kuncinya. Apakah hanya dengan membaca? Tentu tidak bukan? Melihat, mendengar, merasakan, mengecap ataupun membau semua itu belajar. Namun pengalaman sebelum manusia lahir akan dipelajari dari tulisan orang sebelumnya. Itulah mengapa manusia tidak boleh melupakan sejarah. Jejak manusia sebelumnya akan dikembangkan untuk kemaslahatan umat manusia berikutnya.

Jika ada yang kamu ketahui, menulisah. Agar kamu bisa meninggalkan jejak bagi generasi yang akan datang. Walaupun itu hanya sebuah cerita sederhana. Bahkan hanya sebuah pengalaman berarti dari sisi kecil kehidupanmu.  

Membaca itu memang penting. Tetapi lebih penting lagi, jika apa yang dibaca dapat diterapkan dalam kehidupan manusia. Artinya belajar itu harus bermakna. Tidak perlu canggung karena usia. Kapan dan dimana pun, ayo belajar! Semua akan penting dan berguna disaat yang tepat. Bagaimana teknik memanjat dan berlari kencang saat ingin menyelamatkan diri? Kamu akan tahu manfaat berenang dengan baik saat musibah banjir bandang mendera. 

Semua pengalaman itu harus dibagi pada orang lain. Bercerita memakan waktu dan tenaga. Jika hanya seorang belum menyusahkan. Namun ketika ratusan orang menjadi masalah. Tulis dan bukukan lalu sebarkan. Itu akan jauh lebih bermakna. Mempengaruhi secara positif orang lain dari bacaan menjadi hal yang efektif. Lebih menguntungkan lagi jika mengajari orang lain tentang hal-hal yang bermanfaat. Jadilah pencuri amal buat kebaikan orang lain.

Senin, 05 Oktober 2020

LKS PERKEMBANGBIAKAN LUMUT DAN PAKU (PBM DARING SMP KELAS 9 SEMESTER 1)

 

Lembar Kerja Sswa

 

Nama   ..............................................kelas .................................Hari/Tanggal ..........................................

Judul                Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan (Siklus Hidup Lumut, Paku & teknologi reprd)

Tujuan :           Mengidentifikasi metagenesis tumbuhan paku dan lumut serta teknologi reproduksi tanaman

1.     1.  Identifikasilah alur metogenesis pada tumbuhan paku berikut dengan memberikan keterangan gambar yang tepat. Berdasarkan gambar tersebut dan telaah pustaka pada buku siswa, lengkapilah skema daur hidup (metagenesis) tumbuhan paku berikut.


1.     2.  Identifikasilah alur metogenesis pada tumbuhan lumut berikut. Berikanlah keterangan gambar daur hidup lumut dengan tepat. Lakukanlah pengamatan gambar dan bacalah buku siswa tentang lumut secara cermat. 

1        3. Lengkapilah tabel teknologi reproduksi tanaman berikut

No

Jenis teknologi

Tehnik yang digunakan

Contoh tanaman

1

Hidroponik

 

 

 

 

2

Vertikultur

 

 

 

 

 

3

Kultur Jaringan

 

 

 

 

 


 4  
Buatkanlah kesimpulan pembelajaran hari ini


Tes Pengetahuan

 

1.      Metagenesis dalam reproduksi lumut dan paku berarti

a.       Terjadi pertukaran sel kelamin antara jantan dan betina

b.      Terjadi perpindahan sel reproduksi dari jantan ke betina

c.       Terjadi pergiliran keturunan antara sporofit dan gametofit

d.      Terjadi peleburan sel kemin jantan di ovum tubuh betina

2.      Daun paku memiliki bintik coklat tua pada bagian bawah daun. Bulir kecil tersebut kemudian berkembang menjadi protalium yang akan membentuk sel kelamin janta dan betina. Fase ini dsebut…

a.       Sprorofit

b.      Gametofit

c.       Anteridium

d.      Arkogenium

3.      Perhatikanlah daur hidup paku berikut.

Nomor 1,2 dan 3 secara berurutan merupakan…


a.       Sporofil, anteridium dan arkogonium

b.      Sporofil, arkogonium dan anteridium

c.       Arkogonium, sporofil dan anteridium

d.      Anteridium, arkogonium dan sporofil

4.      Reproduksi aseksual pada lumut dilakukan melalui…

a.       Anteridium dengan sel sperma

b.      Gammae dengan fragmentasi

c.       Arkogonium dengan sel ovum

d.      Batang dengan sporangium

5.      Pernyataan yang tepat tentang teknologi reproduksi tanaman berikut adalah….

 

Jenis teknologi

Teknik yang digunakan

Contoh tanaman yang dipakai

A

Hidropinik

Menggunakan nutrisi dan meniral dalam air

Tomat dan selada

B

Vertikultur

Merubah DNA tanaman menjadi unggul

Pepaya hibrida dan kelapa kopyor

C

Kultur jaringan

Membuat instalasi secara bertingkat

Kangkung dan bayam

D

Rekayasa genetik

Menumbuhkan satu bagian tanaman melalui media dan hormon

Nangka dan rambutan

 

 


VIDEO UNSUR, CAMPURAN DAN SENYAWA - IPA KELAS VIII

  Simak Videonya ya!